Outing Class KB-TK Al Muslim Edukasi ke Lanudal Juanda dan Museum Penerbangan TNI AL

2023-10-16

Outing class di KB-TK Al Muslim ke lanudal juanda dan museum penerbangan TNI AL merupakan salah satu rangkaian kegiatan projek kokurikuler, tema imajinasi dan kreativitasku, topik kuatnya pesawatku. Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa KB-TK Al Muslim yang berjumlah 149 dan dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama Rabu, 11 Oktober 2023 kelompok TK A dan TK B sejumlah 110 siswa, dan pada hari kedua Kamis, 12 Oktober 2023 kelompok bermain kuncup dan mekar sejumlah 39 siswa. Sebelum keberangkatan ke lanudal juanda dan museum penerbangan TNI AL semua siswa dibekali terlebih dahulu tentang tata tertib ketika berkunjung di lanudal juanda dan museum penerbangan TNI AL. 

Lanudal Juanda dan Museum Penerbangan TNI AL merupakan salah satu tempat edukasi yang dikelola oleh Rumah Pintar Juanda. Tujuan pertama yaitu ke Rumah Pintar Juanda untuk meminta ijin berkunjung dan selanjutnya  diantar oleh bapak TNI yang ramah menuju museum penerbangan militer TNI AL sampai ketempat tujuan.

Setelah sampai di museum Penerbangan TNI, semua siswa disambut oleh bapak TNI yang bernama Subadono dan diajak untuk berkeliling museum sambil mendengarkan penjelasan tentang barang-barang yang ada di museum. Tampak antusias anak-anak mendengarkan penjelasan dan mereka berebut untuk bertanya tentang benda-benda yang berhubungan dengan pesawat, lanjut melihat film edukasi tentang penerbangan TNI AL di dalam studio mini, kemudian anak-anak diajak untuk melihat lalu lintas Penerbangan.

Saat yang paling ditunggu anak-anak adalah naik pesawat yang berbadan besar yaitu Boeing 737-400. Didalam pesawat anak-anak mendengarkan penjelasan bapak Subadono tentang bagian-bagian pesawat, cara naik pesawat, keamanan dalam pesawat, larangan dalam pesawat sampai pada siapa saja orang-orang yang ada di dalam pesawat termasuk pilot, kopilot, pramugari dan sebagainya. 

Tujuan kegiatan outing class adalah sebagai pengetahuan awal dalam projek kuatnya pesawatku, serta menumbuhkan critical thinking anak sejak dini dan sebagai wadah rasa ingin tahu mereka tentang pesawat. Kegiatan outing class ini tidak berhenti sampai sini, tetapi sebagai bekal anak-anak untuk membuat projek kuatnya pesawatku secara mandiri dan tuntas setelah mereka mengamati dan mengenal pesawat yang ada di Lanudal Juanda dan Museum Penerbangan TNI AL. 

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar semoga kegiatan  ini  bisa bermanfaat, menambah motivasi bagi siswa.  Umi Chulsum, S.Pd.  (KB-TK Al Muslim)

 


wa