SMA Al Muslim Gelar Seminar Mental Health untuk Cegah Self Harm & PTSD

2023-11-14

Pentingnya kesehatan mental menjadi trending topic tersendiri bagi masyarakat luas, khususnya bagi remaja. Hal tersebut yang kemudian melatarbelakangi pelaksanaan kegiatan seminar kesehatan mental dengan tema “Promoting Mental Health : The Role of Seminars in Preventing Teen Self Harm and PTSD” dengan narasumbernya yakni dr. Fazia, Sp. KJ., seorang Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa RSUD Haji Prov. Jawa Timur. Seminar yang diadakan oleh siswa kelompok 1-3 kelas X Ar-Rahman SMA Al Muslim tersebut dilaksanakan sebagai wujud implementasi projek kokurikuler. 

 

Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam tersebut dimulai tepat pada pukul 09.20 WIB ditandai dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Ustadz Misbakhus Surur, S.Pd.,Gr. selaku Waka Kesiswaan SMA Al Muslim. Dalam sambutannya, Ustadz Surur menyampaikan bahwa adanya seminar tersebut bertujuan untuk lebih mensyukuri nikmat kesehatan dengan cara mengenal kesehatan mental dan menghindari tindakan self harm maupun PTSD. “Mensyukuri itu bisa dalam bentuk menjaga dan memanfaatkannya sesuai dengan sebagaimana mestinya. Sebagai contoh, nikmatnya akal sehat itu bisa kita rasakan ketika kita dalam sebuah masalah, bagaimana cara kita menganalisis dan memecahkan masalah yang sedang kita rasakan,” ucapnya. 

 

Beralih ke acara selanjutnya yakni ice breaking dan sesi inti penyampaian seminar, tampak bahwa siswa kelas X dan XI merasa antusias mendengarkan topik yang akan dibahas. Dalam seminar, dr. Fazia, Sp. K.J. menyampaikan berbagai hal, mulai dari pengertian trauma, bagaimana trauma itu berpengaruh pada tindakan menyakiti diri sendiri (self harm), serta upaya preventif untuk mencegah terjadinya self harm agar tidak berujung pada PTSD (Post Traumatic Stress Disorder - Gangguan Stres Pasca Trauma).

 

Rasa keingintahuan siswa yang tinggi diwujudkan dalam sesi tanya jawab, yang mana para siswa memberikan pertanyaan kepada narasumber, begitupun sebaliknya. Ditambah dengan penyampaian jawaban oleh narasumber yang mudah dipahami mampu membuka wawasan siswa untuk lebih mempedulikan dan mementingkan kesehatan mental diri sendiri maupun orang-orang di sekitar mereka.

 

Hal yang sama disampaikan oleh Shafina Putri Aulia (X - Ar Rahman) selaku ketua pelaksana bahwasanya kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan awareness mengenai kesehatan mental, khususnya bagi para remaja seusia mereka.

(Azra Sasabilla)


wa