Collaboration Parent and Teacher in The Classroom

2024-01-31

Collaboration Parent and Teacher in The Classroom

KB-TK Al Muslim melakukan kegiatan kolaborasi orangtua dan guru mulai tanggal 08 – 31 Januari 2024 dengan tema praktik kesehatan atau  praktik memasak makanan sehat seperti praktik kesehatan Taharah BAK pada Kelompok A, Taharah BAB pada Kelompok B, dan kesehatan cuci tangan serta gigi pada Kelompok Bermain. Praktik memasak makanan sehat seperti membuat jus buah wortel tomat dan apel, membuat sate buah. Dan juga memasak makanan khas Kabupaten Sidoarjo seperti memasak sate udang bakar, sate kerang, udang tempura,bandeng bakar serta memasak kue klepon dan kue lumpur.

Salah satunya tema praktik memasak udang tempura dilakukan oleh Kelompok Bermain Mekar 2 pada hari Selasa, 23 Januari 2024. Dimulai anak-anak menyimak penjelasan bahan udang tempura kemudian praktik memasak dimulai dengan membuat adonan tepung basah lalu melapisi udang dengan tepung kering, tepung basah dan tepung roti kemudian digoreng dan dimakan bersama oleh anak-anak.

Kolaborasi antara guru dan orang tua memungkinkan pertukaran informasi yang lebih baik tentang perkembangan akademik dan perilaku siswa. Hal ini akan memungkinkan baik orang tua maupun guru menyesuaikaan proses pembelajaran yang lebih baik untuk murid dikelas. Kolaborasi guru dan orang tua juga dapat membentuk karakter anak yang sangat penting. Karena guru dan orang tua sama-sama bertanggung jawab untuk mendidik anak. Orang tua bertanggung jawab mendidik anak-anaknya di rumah, sedangkan guru bertanggung jawab untuk mendidik di sekolah.

Harapannya dengan kegiatan collaboration parent and teacher in the classroomjalinan kerjasama antara guru dan orang tua dapat terbina hubungan timbal balik dalam rangka membentuk karakter anak didik sesuai dengan harapan bersama yaitu menciptakan generasi yang berkarakter juga mengenalkan dan anak dapat mempraktikan sendiri terkait kesehatan badan melalui penanganan kebersihan diri sendiri maupun makanan yang dikonsumsi. Aamiin.. (Maslahatun Nisa, S.Pd.I./Guru KB Al Muslim)


wa